rpp kelas 4 Tema 4. Berbagai Pekerjaan Sub Tema 1. Jenis-Jenis Pekerjaan pembelajaran 4
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKUN 1
Tema : 4. Berbagai Pekerjaan
Sub Tema :
1. Jenis-Jenis Pekerjaan
Kelas / Semester : IV / 1
Materi
pokok :Bahasa Indonesia:
Menghubungkan sikap tokoh dengan sila pertama Pancasila
PPKN:Memberikan pendapat tentang sikap tokoh
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 4 X 35 Menit (Satu Kali Pertemuan)
Hari/Tanggal : Rabu, 1
November 2017
A.KOMPETENSI
INTI
KI 1 :Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :Menunjukan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan
guru.
KI 3 :Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptahan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 :Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Muatan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
||
Bahasa Indonesia
|
3.5
4.5
|
Menguraikan pendapat
pribadi tentang isi buku
sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya).
Menyajikan petunjuk
penggunaan alat dalam
bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif.
|
3.5.1
4.5.1
|
Memberikan pendapat tentang sikap tokoh dari
cerita yang dibaca.
Mempresentasikan pendapat tentang sikap satu
tokoh dari cerita yang dibaca.
|
PPKN
|
3.1
4.1
|
Memahami
makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila.
Menjelaskan
makna
hubungan
simbol dengan
sila-sila
Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1.1
4.1.1
|
Memberikan pendapat tentang sikap yang sesuai dan
kurang sesuai dengan sila pertama.
Menulis refleksi pengalaman diri melaksanakan
Sila Pertama Pancasila (jujur).
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca cerita, siswa mampu memberikan pendapat tentang
sikap tokoh
dari cerita yang dibaca secara terperinci.
2.
Setelah membaca cerita, siswa mampu mempresentasikan pendapat
tentang sikap
satu tokoh dari cerita yang dibaca dengan lancar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat tentang sikap
yang sesuai dan
kurang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan
benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis refleksi tentang pengalaman
diri
melaksanakan sila pertama Pancasila dengan jujur.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika.
Sebagian
siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di
belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin saya seharian
bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.
Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan
ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida!
Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di
kertas ulanganmu!” pinta Gugut.
Ida bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa
menengokke belakang. Gugut mengganggunya lagi. “Ayo dong, Ida. Sekali ini
saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di
kantin,” rayunya. Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya
tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan
lauk dari rumah. Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali
lagi ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan
kertas ulangannya dengan lunglai.
Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut. “Maaf ya, Gugut.
Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada
teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa
dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan,” katanya kepada Gugut.
“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku
korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa,” kata
Gugut.
“Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek
sama-samamengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja
tidak jujur. Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan
ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk
apapun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.
Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan
Ida
dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida
sebagai
pemimpin di kelas. Tidak sekadar pandai, Ida juga patut
dijadikan teladan.
|
Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1.
Siapa saja tokoh pada cerita di atas?
2.
Siapa yang mengikuti ulangan matematika?
3.
Apa yang dilakukan Gugut pada saat ulangan?
4.
Apa yang dilakukan Ida ketika Gugut meminta jawaban?
5.
Mengapa Ida tidak mau membantu Gugut?
6.
Hal-hal baik apa yang bisa kamu ambil dari cerita di atas?
2. PPKN
Mengapa kita harus jujur?
Sila pertama mengajarkan bahwa pemeluk agama harus taat dengan
aturan agamanya. Setiap agama pasti mengajarkan pemeluknya untuk berbuat
jujur. Sikap tidak jujur akan membawa dampak bagi diri kita dan orang lain.
Semua orang harus jujur, termasuk orang-orang yang bekerja. Benar kata Ida,
mungkin tindakan tidak jujur ketika sekolah adalah mencontek dan tindakan
tidak jujur ketika sudah bekerja bisa korupsi (mengambil hal yang bukan
miliknya).
Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah jujur? Ceritakan!
|
E. METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Saintifik,
·
Metode : Tanya jawab, Demonstrasi, Kerja
kelompok, Diskusi,Peragaan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
Siswa
G. SUMBER BELAJAR
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Cetakan Ke-3 (Edisi Revisi),
Tema : Berbagai Pekerjaan,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2016.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
5 M
|
PPK
|
WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
· Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing
|
|
Religius
|
2 menit
|
· Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
|
|
|
2 menit
|
|
· Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
|
|
|
2 menit
|
|
· Guru menyiapkan
fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa
anak.
|
|
Integritas
|
2 menit
|
|
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
|
Nasionalis
|
2 menit
|
|
KEGIATAN INTI
|
·
Di
awal pembelajaran, guru mengingatkan kembali nilai-nilai yang sesuai dengan
sila pertama Pancasila. Salah satunya adalah jujur.
|
Mengamati
|
|
10 menit
|
·
Siswa
diminta membaca teks, yaitu “Pemimpin Idola, Pemimpin Yang Jujur” yang ada di
Buku Siswa.
|
mengamati
|
|
10 menit
|
|
·
Setelah selesai membaca guru meminta siswa untuk
menjawab pertanyaan berdasarkan teks secara individu.
|
Menanya
|
|
10 menit
|
|
·
Setelah membaca menjawab pertanyaan tersebut, guru
membahas satu persatu pertanyaan di depan kelas. Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
|
Menanya
|
Mandiri
|
10 menit
|
|
·
Sekarang siswa akan menuliskan pendapat tentang tokoh
Ida dan Gugut. Siswa
awalnya menuliskan sikap-sikap yang dimiliki oleh tokoh. Guru membimbing
siswa untuk menyampaikan pendapat sesuai dengan fakta yang ditemukan.
|
Menalar
|
Mandiri
|
10 menit
|
|
·
Siswa akan
mempresentasikan hasil pekerjaannya kepada temannya.
|
Mengkomunikasikan
|
Integritas
|
15 menit
|
|
·
Guru menyampaikan kepada siswa untuk berpresentasi
dengan percaya diri, runtut dan jelas.
|
Mengkomunikasikan
|
Mandiri
|
|
|
Sekarang, siswa akan mendiskusikan sikap Gugut dan Ida
terkait dengan nilai-nilai sila pertama. Awalnya siswa diminta untuk
berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 3 siswa.
Dalam kelompoknya siswa akan mendikusikan pertanyaan-pertanyaan
berikut.
|
Menalar
|
Gotong royong
|
15 menit
|
|
·
Siswa menuliskan jawabannya pada buku siswa. Setiap
kelompok akan maju ke depan untuk mempresentasikan jawabannya. Guru
memotivasi siswa untuk percaya diri ketika presentasi.
|
Menalar
|
Gotong royong
Nasionalis
|
15 menit
|
|
·
Guru memberikan penguatan bahwa sikap jujur sesuai
dengan sila pertama Pancasila.
Hal-hal
yang ditulis adalah sebagai berikut.
1. Sikap
yang sudah jujur
2. Dampak
dari sikap jujur
3. Sikap
yang belum jujur
4. Dampak
dari sikap belum jujur
5. Rencana
tindak lanjut
|
Mengamati
|
|
15 menit
|
|
·
Guru bertanya kepada siswa:
-
Apakah kalian tahu pekerjaan seorang tukang taman?
-
Menurutmu apakah seorang tukang taman harus jujur?
-
Jelaskan Apa yang terjadi jika tukang taman tidak
jujur?
|
Mengamati
Menanya
|
|
5 menit
|
|
· Siswa menjawab
pertanyaan guru dengan mengangkat tangan.
|
|
|
5 menit
|
|
PENUTUP
|
·
Siswa
dan Guru bersama sama merangkum materi pembelajaran
|
|
|
3 menit
|
·
Siswa dan Guru merefliksi kegiatan pembelajaran
|
|
|
2 menit
|
|
·
Guru memberikan gambaran mengenai kegiatan pembelajaran
pertemuan berikutnya
|
|
|
2 menit
|
|
·
Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan membaca doa.
|
|
|
2 menit
|
I.
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
a. Penilaian pengetahuan (Evaluasi)
No.
|
Nama
|
NILAI
|
||
Bhs.
Indonesia
|
PPKN
|
Evaluasi
|
||
1.
|
Aisyah
Nurabi
|
|
|
|
2.
|
Arya Pratama
|
|
|
|
3.
|
Aurelia Putri A
|
|
|
|
4.
|
Azka Fafiz Prajnalaga P
|
|
|
|
5.
|
Billy Maulana A
|
|
|
|
6.
|
Brenda Putri Vara Dilla
|
|
|
|
7.
|
Dina Aprilliani
|
|
|
|
8.
|
Ilham Bintang Satria
|
|
|
|
9.
|
Indra Ferdiansya
|
|
|
|
10.
|
Indri Wiji Lestari
|
|
|
|
11.
|
Kayla Bilqis Mayzabrina
|
|
|
|
12.
|
Larasati Azzharah Putri
|
|
|
|
13.
|
M. Rizky Firansyah
|
|
|
|
14.
|
Much.Zein Falachunaja
|
|
|
|
15.
|
Much.Zein Abidin
|
|
|
|
16.
|
Mufidatul Ilmi Ramadhani
|
|
|
|
17.
|
Muh.Rayhan M
|
|
|
|
18.
|
Muhamad Nuril A
|
|
|
|
19.
|
Muhammad Irbad A
|
|
|
|
20.
|
Muhammad Yusuf
|
|
|
|
21.
|
Muhammad Zia Ulhaq
|
|
|
|
22.
|
Nadya Laura Putri
|
|
|
|
23.
|
Nafisah Zahirah Putri I
|
|
|
|
24.
|
Nasya Agistha
|
|
|
|
25.
|
Ongki Dwino Rangga
|
|
|
|
26.
|
Rahma Choirun Nida
|
|
|
|
27.
|
Rizky Dwi Nur Refrianto
|
|
|
|
28.
|
Satryo Ganang Abhiprayo
|
|
|
|
29.
|
Setya Agung Bangun Prakoso
|
|
|
|
30.
|
Siti Fatmawati
|
|
|
|
31.
|
Styfanny Zika
|
|
|
|
32.
|
Yanda Mawasty
|
|
|
|
Total
Skor=
X 100
|
b.
Peniaian sikap
No
|
Nama siswa
|
Nilaikarakter Yang
Dikembangkan
|
|||||||||||
Bertanggung
jawab
|
Disiplin
|
Peduli
|
|||||||||||
B
T
|
M
T
|
M
T
|
S
M
|
B
T
|
M
T
|
M
B
|
S
M
|
B
T
|
M
T
|
M
B
|
S
M
|
||
1
|
Aisyah Nurabi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Arya Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Aurelia Putri A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Azka Fafiz Prajnalaga P
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Billy Maulana A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Brenda Putri Vara Dilla
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Dina Aprilliani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ilham Bintang Satria
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Indra Ferdiansya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Indri Wiji Lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Kayla Bilqis Mayzabrina
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Larasati Azzharah Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M.Rizky Firansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Much.Falachunaja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Much.Zein Abidin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Mufidatul Ilmi Ramadhani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Muh.Rayhan M
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Muhamad Nuril A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Muhammad Irbad A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Muhammad Yusuf
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Muhammad Zia Ulhaq
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Nadya Laura Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Nafisah Zahirah Putri I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Nasya Agistha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Ongki Dwino Rangga
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
Rahma Choirun Nida
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
Rizky Dwi Nur Refrianto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
Satryo Ganang Abhiprayo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
Setya Agung Bangun Prakoso
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
Siti Fatmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
Styfanny Zika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
Yanda Mawasty
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB ; Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya / Terlihat
1. Bahasa Indonesia : pendapat tentang sikap tokoh
Kriteria
|
Sangat Baik
(skor 4)
|
Baik
(skor 3)
|
Cukup
(skor 2)
|
Perlu Pendampingan (skor 1)
|
Sikap tokoh Ida
|
Menuliskan
3 sikap yang dimiliki oleh Ida dengan sesuai fakta.
|
Menuliskan
2 sikap yang dimiliki oleh Ida dengan sesuai fakta.
|
Menuliskan
1 sikap yang dimiliki oleh Ida dengan sesuai fakta.
|
Belum mampu menuliskan sikap Ida.
|
Pendapat tokoh Ida
|
Menuliskan pendapat tentang tokoh Ida berdasarkan fakta yang ada.
|
Sebagian alasan didasarkan atas fakta.
|
Sebagian kecil alasan didasarkan atas fakta.
|
Pendapat didasarkan atas opini.
|
Sikap tokoh Gugut
|
Menuliskan
3 sikap yang dimiliki oleh Gugut dengan sesuai fakta.
|
Menuliskan 2 sikap yang dimiliki oleh Gugut dengan sesuai fakta.
|
Menuliskan
1 sikap yang dimiliki oleh Gugut dengan sesuai fakta.
|
Belum mampu menuliskan sikap Gugut.
|
Pendapat tokoh Gugut
|
Menuliskan pendapat tentang tokoh Gugut berdasarkan
fakta yang ada.
|
Sebagian alasan didasarkan atas fakta.
|
Sebagian kecil alasan didasarkan atas fakta.
|
Pendapat didasarkan atas opini.
|
Presentasi
|
Menyampaikan pendapat dengan sangat runtut, jelas dan percaya diri.
|
Menyampaikan pendapat dengan runtut, jelas dan percaya diri.
|
Menyampaikan pendapat dengan cukup runtut, jelas dan percaya diri.
|
Menyampaikan pendapat dengan kurang runtut, jelas dan percaya diri.
|
2. PPKn : Refleksi diri
Kriteria
|
Sangat Baik
(skor 4)
|
Baik
(skor 3)
|
Cukup
(skor 2)
|
Perlu Pendampingan (skor 1)
|
Sikap jujur
|
Menuliskan
3 sikap jujur yang sudah dilakukan.
|
Menuliskan 2 sikap jujur yang sudah dilaku- kan.
|
Menuliskan
1 sikap jujur yang sudah dilakukan.
|
Belum mampu menuliskan sikap jujur yang sudah dilakukan.
|
Dampak sikap baik
|
Menjelaskan 3 dampak dari sikap jujur.
|
Menjelaskan 2 dampak dari sikap jujur.
|
Menjelaskan 1 dampak dari sikap jujur.
|
Belum mampu menuliskan dampak dari sikap jujur.
|
Sikap perlu diperbaiki
|
Menuliskan 3 sikap belum jujur atau
kalau tidak ada rencana untuk lebih jujur.
|
Menuliskan 2 sikap belum jujur.
|
Menuliskan 1 sikap belum jujur.
|
Belum mampu menuliskan sikap belum jujur.
|
Dampak sikap belum baik
|
Menjelaskan 3 dampak dari sikap tidak jujur.
|
Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan.
|
Menjelaskan
1 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan.
|
Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan.
|
Rencana tindak lanjut
|
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk lebih jujur.
|
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk lebih jujur.
|
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk lebih jujur.
|
Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut.
|
Penilaian (penskoran): Total
Nilai Siswa
Total
Nilai Maksimal x 10
3. Diskusi
Diskusi saat mendiskusikan nilai Pancasila pada
sikap Ida dan Gugut
Kriteria
|
Sangat Baik
(skor 4)
|
Baik
(skor 3)
|
Cukup
(skor 2)
|
Perlu Pendampingan (skor 1)
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
|
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.
|
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
|
Sering
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak
mengindahkan.
|
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah,
suara).
|
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.
|
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan
teman.
|
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang
ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman.
|
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran).
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung
dan memimpin lainnya saat diskusi.
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
|
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang
sesuai dengan topik.
|
Jarang berbicara selama
proses diksusi berlangsung.
|
X 100
|
Total Nilai Maksimal
-
Mengetahui
Guru
Pamong
Sulistyo Kundari, S.Pd
NIP. 19610923 198112 2 010
Menyetujui,
Kepala SDN Sukun 1
Dra. Ratna Suita, M.Pd
NIP. 19680403 199512
2 007
|
Malang,
1 November 2017
Guru
Praktikan
Jumadil
Muharam
NPM.140401140018
|
Lampiran:
1. Lembar Evaluasi
2. Kunci Jawaban
3. Pedoman Penilaian
Lampiran 1 : Lembar Evaluasi
Nama :
Kelas :
No Absen :
|
Soal Evaluasi
|
A.
Berilah
tanda silang pada jawaban yang tepat!
Bacaan teks PEMIMPIN
IDOLA, PEMIMPIN YANG JUJUR untuk
menjawab soal 1-3
1.
Siapa saja tokoh dalam cerita tersebut?
2.
Siapa yang mengikuti ulangan matematika?
3.
Apa yang di lakukan Gugut pada saat ulangan?
4.
Jelaskan menurutmu sikap Ida sesuai dengan makna sila pertama pancasila
jelaskan
5.
Mengapa kita harus jujur
B.
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan uraian singkat.
1.
Sebutkan sikap-sikap dari Ida
2.
Jelaskan sikap-sikap Gugut
Lampiran 2 : Kunci
Jawaban
KUNCI JAWABAN
|
LEMBAR EVALUASI
A.
ISIAN
1.
Ida, gugut,Ibu Tati
2.
Ida dan Gugut
3.
Meminta bantuan pada Ida
4.
Sila pertama tentang ketuhanan,
5.
Karena kita jujur, banyak yang senang sama kita
B.
Uraian
1.
Sikap-sikap ida, komitmen pada pendirian, baik, kepemimpinan
2.
Sikap-sikap gugut, selalu mengharap orang lain
Lampiran 3 : penskoran
PENSKORAN
Skor yang diperoleh x 100 = Nilai
Skor Maxsimal
Skor maksimal @1 = 50
Komentar
Posting Komentar